Tips Memaksimalkan Kitchen Set Minimalis

0
1151
Tips Memaksimalkan Kitchen Set Minimalis

Bagi para ibu rumah tangga sebagian besar banyak menghabiskan waktunya untuk memasak, dapur merupakan elemen penting yang harus ada dalam sebuah rumah.  Terkadang sebuah rumah atau apartemen tak banyak memiliki ruang yang cukup untuk membangun sebuah dapur yang luas. Namun kalian masih dapat membuat sebuah dapur yang cantik salah satunya dengan penggunaan kitchen set. Memaksimalkan kitchen set minimalis dapat menjadi solusi untuk menciptakan sebuah dapur cantik di lahan terbatas.

Dapur cantik dengan kitchen set

dapur cantik dengan kitchen set minimalis
©pinterest

Dapur menjadi tempat terpenting, disinilah seorang ibu menyiapkan hidangan untuk keluarganya. Memiliki dapur yang cantik menjadi impian bagi para ibu rumah tangga karena sebagian besar waktunya banyak di habiskan di dapur. Salah satu cara mempercantik dapur yaitu dengan penggunaan kitchen set. Manfaat lain dengan adanya kitchen set ini yaitu akan membuat dapur tertata lebih rapi dan terorganisir dengan baik sehingga memudahkan untuk beraktivitas di dalamnya. Penggunaan kitchen set didalam sebuah dapur akan membuat perabotan lebih tersusun rapih dan tidak mengganggu kenyamanan. Hal ini juga memudahkan kalian para ibu rumah tangga menemukan perabotan dapur yang ingin digunakan sehingga menghemat waktu memasak.

Tips Memaksimalkan Sebuah Dapur dengan Kitchen Set Minimalis

Penggunaan kitchen minimalis sangat membantu kalian untuk menciptakan dapur yang cantik dan nyaman meskipun dalam ruang yang terbatas. Beberapa tips yang dapat kalian lakukan dalam memaksimalkan penggunaan kitchen set minimalis di dapur.

1. Pemilihan Warna

pilihan warna kitchen set minimalis
©pinterest

Pemilihan warna menjadi tips pertama yang dapat kalian pertimbangkan. Sebaiknya aplikasikan warna-warna terang untuk kitchen set minimalis yang kalian gunakan. Penggunaan warna seperti putih, krem atau coklat akan membuat dapur kalian terlihat lebih luas dan nyaman. Usahakan untuk menghindari warna gelap karna akan membuat dapur terlihat sumpek dan sempit. Jangan pernah ragu untuk menggunakan warna terang karena takut akan noda hasil dari kegiatan memasak. Kalian dapat menyiasatinya nanti dengan pemilihan material yang akan digunakan.

2. Pemilihan Material

pemilihan material kitchen set
©pinterest

Tips yang kedua yaitu dengan pemilihan material yang akan digunakan. Seperti yang kalian ketahui dapur merupakan tempat memasak yang akan banyak menimbulkan noda seperti noda minyak dan sebagainya yang dapat menimbulkan bekas dan sebagainya. Memilih material yang bersifat water proof mungkin dapat menjadi pilihan terbaik. Selain itu kalian juga bisa menggunakan bahan material dari kayu yang memiliki kekuatan dan ketahanan terhadap air. Pemberian finishing pada kitchen set dengan menggunakan cat duco sehingga akan menambah tampilan dapur jadi lebih cantik dan elegan.

3. Pengaturan Urutan Kitchen Set

pengaturan urutan kitchen set
©pinterest

Tips selanjutnya yaitu dengan mengatur urutan perabot dapur yang akan digunakan dengan rapih agar lebih memudahkan dalam kegiatan memasak. Meskipun memiliki dapur yang tak terlalu luas, namun dengan pengaturan kitchen set yang sesuai akan membuat kalian lebih leluasa beraktivitas di dalam dapur. Pengaturan urutan yang benar akan membuat kamu lebih maksimal dalam menggunakan kitchen set minimalis sehingga dapat meminimalisir aktivitas-aktivitas yang kurang efektif dalam kegiatan memasak di dapur.

4. Pengaturan Pencahayaan

pengaturan cahaya pada dapur minimalis
©pinterest

Pencahayaan menjadi salah satu faktor penting dalam memaksimalkan kitchen set minimalis. Berikan penerangan yang maksimal baik dari pencahayaan alami maupun dengan pencahayaan tambahan. Berilah jendela pada dapur, selain sebagai pencahayaan dengan pemberian bukaan juga bermanfaat sebagai tempat ventilasi sehingga dapur terasa lebih sejuk dan tidak pengap. Untuk tips lain memaksimalkan pencahayaan kalian dapat menambahkan lampu pada dekorasi dapur anda terutama pada tempat-tempat yang minim cahaya. Tambahkan lampu pada rak atau kabin kitchen set kalian sehingga tampilannya akan menjadi cantik.

5. Pemanfaatan Ruang secara Optimal

pemanfaatan ruang kitchen set secara optimal
©pinterest

Keterbatasan lahan tak akan menjadi masalah untuk mendapatkan dapur cantik dan nyaman jika dapat memanfaatkan ruang kosong yang tersedia secara optimal. Kalian bisa menggunakan dinding yang ada sebagai tempat meletakkan perabot. Atur dengan rapih sehingga kithen set minimalis kalian terasa lebih nyaman. Kalian juga dapat membuat rak-rak di dinding yang kosong untuk meletakkan bumbu dapur atau peralatan dapur lainnya. Sebaiknya hindari penggunaan detail yang tidak diperlukan dalam kitchen set minimalis, manfaatkan secara optimal setiap sudut dapur kalian. Hindari juga penggunaan sekat yang akan membuat dapur terlihat lebih sempit. Kalian bisa menggabungkan dapur dengan tempat makan menjadi satu ruangan. Manfaatkan bagian bawah dan atas kitchen set untuk membuat kabinet dan storage perabotan yang sering digunakan.

Demikian beberapa tips yang dapat saya bagikan untuk memaksimalkan kitchen set kalian dan membuat dapur lebih cantik dengan konsep kitchen set minimalis. Bagi kalian yang ingin mempercantik dapur bisa menggunakan konsep desain kitchen set lainnya yang dapat disesuaikan dengan budget dan kebutuhan. Sebagai referensi kalian dapat membaca artikel yang telah kami tulis sebelumnya mengenai konsep desain kitchen set. Semoga dapat membantu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here