Desain ruang tamu minimalis unik dan menarik

0
1572
© Pinterest

Anda memiliki ruang tamu yang kecil bukan menjadi hambatan untuk merancangnya dengan desain yang diinginkan. Jika anda memiliki ruang tamu yang berukuran minimalis. Anda jangan khawatir, karena ruang tamu yang berukuran minimalis bisa menjadi ruangan yang sangat nyaman untuk anda berkumpul bersama keluarga saat di rumah.

Sebagai area utama di dalam rumah, ruang tamu menjadi elemen yang paling penting. Diperlukan penataan yang unik dan desain yang menarik agar keluarga dan pengunjung bertamu ke rumah terasa nyaman. Anda masih bingung bagaimana cara mendesain ruang tamu yang berukuran minimalis, berikut kami akan memberikan tata cara, mendesain ruang tamu berukuran minimalis yang unik dan menarik.

Ruang Tamu

Ruang tamu tempat untuk menerima tamu sekaligus untuk tempat berkumpul keluarga. Ruang tamu biasanya terletak di bagian depan susunan bangunan rumah tinggal sehingga ruang tamu menjadi ruangan pertama yang dimasuki. Ruangan ini biasanya dijauhkan dari tempat tidur, namun biasanya ruang tamu dekat dengan dapur dan ruang makan untuk mudah saat melayani tamu.

© Pinterest

Tips mendesain ruang tamu

Pasti setiap orang memiliki ruang tamu di dalam rumahnya, namun bagaimana jika ruang tamu tersebut memiliki ukuran yang kecil dan membuat anda kurang nyaman saat anda berkumpul dengan keluarga di dalam ruangan tersebut. Maka salah satu caranya adalah dengan anda mendesain ulang ruang tamu tersebut, agar ruangan terlihat luas dan nyaman saat anda berada di dalam ruangan tersebut. Di dalam artikel ini kami akan menjelaskan tentang cara mendesain ruang tamu yang berukuran mininalis supaya terlihat unik dan menarik.

Desain ruang tamu minimalis unik dan menarik

Dalam mendesain sebuah ruang tamu anda wajib untuk menentukan sebuah desain dari ruang tamu tersebut. Untuk ruang tamu yang memiliki ukuran kecil pilihlah desain dari interior ruang tamu menjadi salah satu faktor kenyamanan ruangan tersebut. Berikut beberapa contoh desain ruang tamu minimalis unik dan menarik.

© Pinterest
© Pinterest
© Pinterest

Cara mendesain ruang tamu 

Berikut kami akan menjelaskan cara mendesain ruang tamu minimalis yang unik dan menarik :

Gunakan warna cat yang terang

Salah satu cara untuk menyiasati ruang tamu anda yang berukuran minimalis agar tetap terlihat luas yaitu dengan penggunaan cat warna putih, krem, abu muda dan warna-warna netral yang terang  karena dapat memberikan kesan lapang dan bersih. Warna yang terang juga bisa dikombinasikan dengan warna-warna yang sangat berani dan ceria agar ruangan terlihat hidup dan tidak membosankan.

© Pinterest

Penggunaan perabot multifungsi

Perabot multifungsi merupakan solusi yang sangat praktis dan paling tepat untuk ruang tamu yang memiliki ukuran kecil karena dapat memberikan banyak ruang untuk tempat penyimpanan. Anda dapat menggunakan rak penyimpanan yang dapat sekaligus difungsikan sebagai penyekat ruangan. Pilih perabot multifungsi dengan desain ringan dan minimalis agar tidak memberikan kesan penuh saat di ruang tamu.

© Pinterest

Cermin besar yang dapat memberikan kesan luas

Penggunaan cermin ini dapat menghadirkan efek ilusi yang dapat membuat ruangan anda terlihat sedikit lebih luas karena pantulan cermin tersebut. Cermin juga sebaiknya ditempatkan di bagian dinding yang berhadapan langsung dengan jendela atau dikenai banyak cahaya.

© Pinterest

Sesuaikan ukuran sofa dengan luas ruang tamu

Penggunaan sofa di ruangan kecil sering kali menjadi masalah besar karena penggunaan sofa tersebut dapat menyita banyak ruang. Padahal dengan pemilihan sofa dan warna sofa yang benar dapat membuat ruangan tersebut menjadi lebih menarik, karena pemilihan sofa yang berukuran minimalis dengan bentuk sederhana merupakan pilihan yang paling tepat untuk ruangan tamu yang memiliki luas terbatas.

© Pinterest

Manfaatkan dinding secara maksimal

Walaupun anda memiliki ruang tamu yang memiliki luas terbatas, anda tetap bisa memanfaatkan dan memaksimalkan fungsi dinding tersebut, dengan cara menggunakan beberapa rak dan kotak display berpintu kaca untuk memajang berbagai buku atau majalah, tanaman yang berukuran kecil, dan bingkai gambar yang anda sukai.

© Pinterest

Jaga kerapian dan kebersihan ruangan

Menjaga kerapian dan kebersihan ruang tamu adalah hal yang paling penting. Pada saat anda mendesain ulang ruang tamu anda, usahakan agar tata ruang tamu bisa mudah untuk dirapikan dan dibersihkan. Artinya, saat anda harus sudah mendesain semua tempat untuk setiap benda. Agar ruang tamu yang berukuran kecil bisa terlihat lebih rapi, bersih, dan nyaman untuk ditempati saat berkumpul dengan keluarga dan teman-teman anda.

© Pinterest

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here