Manfaat Jengkol Bagi Kesehatan Tubuh Dalam Bidang Kesehatan

0
213

Seperti yang kita ketahui makanan satu ini banyak orang yang gak suka karena bau yang menyengat dan khas. Sebenarnya jengkol mengandung banyak gizi contohnya protein, kalsium, zat besi, fosfor, asam folat, vitamin B12 dan masih banyak lainnya. Dari kandungan tersebut memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Berikut beberapa manfaat bagi kesehatan :

  1. Mencegah Anemia

Tingginya kandungan zat besi pada jengkol dapat mencegah anemia. Salah satunya bagus dikonsumsi pada ibu hamil yang sering kekurangan zat besi. Akan tetapi meskipun ibu hamil diperbolehkan makan jengkol tetap ingat jangan terlalu banyak. Jangan berlebihan bila makan karena tidak baik juga.

2. Mencegah diabetes

Seperti yang kita tidak ketahui, jengkol ternyata memiliki kelenjar langerhans. Kelenjar ini bekerja menghasilkan hormon insulin. Dari hormon insulin tersebut dapat mengatur kadar gula dalam tubuh. Jengkol juga merupakan rendah gula darah. Oleh karena itu, Jengkol dapat mencegah diabetes.

3. Pembentukan Jaringan Dalam Tubuh

Memiliki protein yang tinggi juga dapat berfungsi pembentukan jaringan pada tubuh kita. Disayangkan bila masih tidak menyukai jengkol. Karena begitu banyaknnya manfaat bagi kesehatan kita.

4. Kesehatan Pada Janin

Selain bermanfaat bagi ibu hamil dengan zat besi yang tinggi, Jengkol juga memiliki kandungan kalsium dan fosfor yang tinggi. Hal ini sangatlah baik untuk pembentukan tulang dan gigi pada janin. Tidak hanya itu, jengkol juga memiliki kandungan asam folat dan vitamin B6 yang tinggi. Manfaat dari asam folat dan vitamin B6 ini untuk menstabilkan organ vital dalam tubuh janin. Asam folat yang tinggi juga dapat mencegah cacat bawaan pada janin. Oleh karena itu, ibu hamil disarankan makan jengkol secukupnya.

5. Mengatasi Simbelit dan mencegah maag

Kaya akan serat yang tinggi juga bermanfaat mengatasi simbelit. Tidak hanya ibu hamil semua orang bisa mengkonsumsi jengkol tersebut. hal ini merupakan salah satu manfaat kesehatan dibagian pencernaan contohnya terhindar dari penyakit maag.

6. Menangkal Radikal Bebas

Dengan memiliki kandungan antioksidan yang tinggi. Jengkol dapat menangkal radikal bebas sehingga kita terhindar dari penyakit. antioksidan dalam jengkol antara lain polifenol, terpenoid, dan alkaloid.

7. Mencegah Pengeroposan Tulan dan Gigi

Tidak hanya bagi janin, Kalsium dan fosfor yang tinggi juga dapat mencegah pengeroposan pada tulang dan memperkuat gigi. Jadi, makanlah jengkol dengan porsi secukupnya.

Diatas adalah beberapa manfaat jengkol bagi kesehatan tubuh kita. Jangan pernah menyepelekan makanan yang dianggap hanya membuat bau saja. Ternyata bagi kesehatan sangatlah diperlukan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here