Gizi Pada Ibu Hamil

0
295

Asupan gizi pada ibu hamil menjadi salah satu faktor penting untuk pemenuhan nutrisi ibu hamil atau pun untuk pertumbuhan dan perkembangan janin dalam kandungan. Bahkan, dapat mengurangi risiko penyakit kronis pada anak anda di masa mendatang.

Berikut yang harus diperhatikan untuk memenuhi kebutuhan gizi pada ibu hamil :

  1. Karbohidrat

Karbohidrat merupakan salah satu sumber kalori yang penting bagi ibu hamil. Makanan sumber karbohidrat dapat anda dapatkan pada nasi, kentang, jagung, roti dan gandum

2. Kalsium

Tak hanya untuk menguatkan tulang dan gigi Anda, kalsium juga berguna untuk membangun tulang dan gigi janin. Kebutuhan kalsium harian sekitar 1000 miligram selama kehamilan. Sumber kalsium terbaik ada di susu, keju dan yoghurt.

3. Asam Folat

Kandungan nutrisi yang dikenal sebagai asam folat ini berperan penting dalam mengurangi risiko cacat lahir. Contoh cacat lahir lainnya seperti anencephaly. Kebutuhan asam folat harian di masa kehamilan adalah 600 sampai 800 mikrogram. Adapun sumber asam folat bisa Anda dapatkan pada sayuran hijau, kacang-kacangan, telur, hati sapi, buah jeruk, stroberi, lemon, mangga, dan tomat.

4. Zat Besi

Zat besi salah satunya manfaat adalah mencegah anemia. Sumber zat besi bisa didapatkan pada makanan yang berwarna mencolok contohnya sayuran hijau, buah-buahan, hati, dan daging.

5. Protein

Protein berguna untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan sel atau jaringan, termasuk sel otak pada janin. Protein banyak terdapat pada ikan, telur dan daging.

6. Vitamin

Vitamin terutama leboh penting pada ibu hamil. vitamin antara lain vitamin A, Vitamin B6, Vitamin B12, Vitamin C dan Vitamin D. Vitamin A dapat anda dapatkan pada wortel, tomat dll. Vitamin B6 dapat anda dapatkan pada biji-bijian. Vitamin B12 dapar anda dapatkan pada daging, ikan dan susu. Vitamin C dapat anda dapatka pada buah-buahan seperti jeruk, apel dll. Dan yang terakhir Vitamin D dapat anda dapatkan pada sinar matahari lebih baik sekaligus anda jalan dipagi hari.

Kebutuhan ibuhamil sangatlah penting oleh karena itu diusahakan setiap makan di penuhi nutrisinya. kalaupun tidak komplit di pagi hari pada siang hari dilengkapi begitupun sebaliknya sampai malam hari.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here