Tanda-tanda Mau Melahirkan Yang Wajib Anda Ketahui

0
4540

Kelahiran pasti dinanti oleh keluarga terutama kiata sebagai orang tua. Apalagi anak pertama pasti akan ditunggu-tunggu. Oleh karena itu, bagi ibu muda pasti belum tau tanda kelahiran awal karena belum mempunyai pengalaman. Pati yang dialami ibu muda akan bingung memikirkan bagaimana dan kapan rasanya melahirkan. Berikut beberapa tips mudah mengenali tanda kelahiran :

  1. Kontraksi terjadi 3 kali selama 10 menit dengan durasi 40 detik

Kebanyakan orang jika sudah mengalami kesakitan dan kontraksi perut yang baru awal pasti sudah bingung langsung ke tenaga kesehatan yang terdekat. Suami tak perlu khawatir jika mengalami kontraksi dalam jangka waktu masing kadang. Seharusnya suami menenangka sang istri agar tidak panik dan takut mengalami proses melahirkan. jika dari awal kehamilan tidak ada kendala tak perlu khawatir. Terkecuali jika ada perembasan ketuban. Jadi, kontraksi yang benar dalam mendekati proses melahirkan adalah dalam watu 10 menit 3 kali kontraksi dengan durasi 40 detik.

2. Sering Buang Air Kecil

Sering buang air kecil adalah salah satu keluhan ibu hamil pada trimester 3. Hal tersebut dikarenakan mengganggu jam istirahat ibu hamil pada malam hari. Oleh karena itu, sering ibu hamil trimester 3 mengalami kecapekan karena waktu istirahat yang kurang. Buang air kecil pada trimester 3 umumnya normal karena kadung kemih tertekan oleh kepala bayi. Dalam proses melahirkan sering buang air kecil juga lebih baik karena menurunkan kepala bayi. Karena itu ibu hamil tidak boleh menahan air kecilnya. Jangan lupa jaga kebersihan vagina ketika sering buang air kecil. pastikan celana dalam yang kita pakai dalam keadaan kering tidak lembab.

3. Keluar Lendir dari Vagina

Ketika persalinan semakin mendekat salah satunya tanya adalah keluarnya lendir darah atau BLOODY SHOW. Untuk mengenali lendir darah bisa dilihat dari warnanya yang terkadang berwarna merah dan merah muda bercampur lendir. Jangan lupa bedakan lendir darah dengan air ketuban. Bagaimana membedakannya? Anda bisa merasakan jika anda tidak merasakan apa-apa ketika keluar air dan tiba-tiba basah di celana dalam itu berarti air ketuban. Anda harus teliti dalam hal membedakan air ketuban dengan lendir darah.

 

Tanda mau melahirkan yang wajib di ketahui bagi orang non kesehatan terutama bagi ibu muda. Jangan anggap sepele dalam mengenali proses melahirkan. Dan jangan cemas dalam mendekati proses melahirkan karena bisa menganggu psikologis anda sendiri dan menjadi susah dalam proses melahirkan. Cukup dengan dukungan orang terdekat terutama suami percayakan pada suami yang akan menemani dalam proses melahirkan akan menjadi support anda dan anda akan merasakan tidak sendiri dalam proses melahirkan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here